pakel.tulungagungdaring.id~(12/11/21) Sebagai salah satu bentuk transparansi keterbukaan Publik tentang pengelolaan keuangan desa dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2021 dengan dasar no 04 Tahun 2021 tanggal 25 Oktober 2021 Peraturan Desa Pakel Tentang  Perubahan APBDes 2021 , Kepala Desa Pakel Bambang Widodo memerintahkan untuk memasang Banner tentang Ringkasan Perubahan APBDes Tahun 2021 atau Banner Infografis Perubahan APBDes 2021. Banner infografis tersebut antara lain dipasang di Depan Kantor Desa Pakel, tempat tersebut dipandang sangat strategis sehingga masyarkat dapat melihat secara jelas uraian singkat APBdes tersebut.

Transparasni dan akuntabilitas anggaran desa merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Desa Pakel yang lebih baik. Sebagai salah satu bentuk Transparansi Publik pengelolaan Dana Desa, Pemerintah Desa Pakel berupaya mensosialisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pakel tahun 2021 melalui media Papan infografis.

Pemasangan Infografis Perubahan APBDes ini dilakukan atas dasar prinsip Transparansi Keuangan Desa. Selain itu Pemerintah Desa Pakel juga tetap melaksanakan sosialisasi Perubahan APBDesa Tahun 2021 melalui acara pertemuan-pertemuan warga lainnya. Banner Infografis Perubahan APBDes 2021 juga akan disebarkan melalui website desa dan berisikan rincian dana yang diterima pemerintah desa beserta program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Sosialisasi Perubahan APBdes bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat Desa Pakel khususnya untuk turut serta dalam pengawasan pelaksanaan program pembangunan Desa Pakel. Sehingga apa yang menjadi program pembangunan yang menggunakan anggaran desa bisa mencapai hasil yang optimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Pakel.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?