Pakel – Program penanganan kemiskinan ekstrem melalui penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa resmi ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Hampir seluruh desa di kabupaten Tulungagung telah menyalurkan BLT Dana Desa tahun 2024 untuk tahap pertama. Salah satunya adalah desa Pakel kecamatan Pakel-Tulungagung.

Bertempat di Balai Desa Pakel penyaluran BLT dana desa tahun anggaran 2024 dilaksanakan oleh pemerintah desa Pakel pada Senin pagi (15/1). Hadir dalam kegiatan tersebut kepala desa Pakel beserta perangkat, BPD, LPM, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, pendamping lokal desa dan seluruh KPM penerima BLT dana desa.

Kepala desa Pakel, Ir. H. Bambang Widodo menjelaskan pada tahun 2024 untuk penerima BLT dana desa ada 20 KPM.
“Sesuai arahan dan aturan pemerintah, BLT tahun ini dengan sasaran masyarakat miskin ekstrem,” katanya. “Dalam menentukan penerima BLT telah melalui musyawarah desa khusus bersama RT, RW, perangkat, BPD, tokoh masyarakat serta seluruh lembaga desa,” terangnya.

Pada penyaluran BLT tahap pertama ini pemerintah desa Pakel menyalurkan tiga bulan sekaligus. “Setiap KPM menerima 300 ribu per bulan selama satu tahun, untuk penyaluran hari ini diterimakan tiga bulan sekaligus,” jelas Bambang. “Jadi nantinya KPM akan menerima 900 ribu untuk bulan Januari, Februari dan Maret,” lanjutnya.

Bambang berharap penerima BLT bisa bijak dalam menggunakan bantuan yang diberikan. “Dengan adanya BLT ini diharapkan bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban perekonomian masyarakat yang menerimanya, sebaiknya digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari, apalagi saat ini kebutuhan pokok harganya banyak yang naik,” pungkas Bambang. (kc)

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?