pakel.tulungagungdaring.id– Penyaluran Bantuan Makan untuk Korban Banjir Desa Pakel.

Kabupaten Trenggalek mengalami curah hujan ekstrem hingga 300 milimeter. Debit air sungai juga mencapai level tertinggi dalam 15 tahun terakhir. Lonjakan debit air yang berasal dari Sungai Ngasinan, Tawing, Tugu, Sungai Bagong dan beberapa anak sungai lainnya dirasakan oleh pintu air Bendo Kabupaten trenggalek.
Kondisi banjir di Kecamatan Bandung Tulungagung maupun Kecamatan Durenan merupakan akibat dari limpasan sejumlah anak sungai sebelum pintu air Bendo, Rabu (19/10/2022) malam. Selanjutnya debit air sungai Desa Gandong tinggi sehinggal meluber ke desa sekitar yang datarannya lebih rendah seperti Desa Sambi Kecamatan Bandung, Desa Gombang Desa Suwaluh dan Dan Pakel.

Luapan air masuk wilayah desa Pakel Rabu (19/10/2022) jam 18.00 wib. Pemerintah desa Pakel bersama RT RW dan warga bergerak cepat mengatasi banjir tersebut, langkah yang di ambil mengintruksikan kepada seluruh warga terkena dampak banjir untuk mengamankan barang berharga yang bisa dipindah untuk dipindah ke tempat yang aman, mengevakuasi orang tua jompo diungsikan ke tempat yang aman. Debeit air yang masuk kewilayah Desa Pakel Khususnya area RW 03 mencapai 40 cm dari permukaan.

Selanjutnya pemerintah desa Pakel memberi bantuan berupa makanan dua kali sehari, sambil menunggu surutnya air, Kamis (20/10/2022) jam 09.00 wib.

Alhamdulillah debit air sudah berkurang dengan cepat, karena jalur pembuangan yang lancar menuju sungai besar brombong. Jumat (21/10/2022) jam 07.00 wib.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?